Kamis, 13 Desember 2018

Liburan Seru dengan Beli Paket ke Pulau Tidung


Tahun Baru menjadi hari libur nasional pertama yang akan Anda dapatkan di tahun 2019. Dirayakan setiap tanggal 1 Januari, libur nasional Tahun Baru 2019 jatuh pada hari Selasa. Untuk memaksimalkan liburan, Anda bisa mengambil jatah cuti di hari Senin 31 Desember. Artinya, Anda dapat menjadwalkan libur Tahun Baru selama empat hari tiga malam. Dimulai pada hari Sabtu, Minggu, Senin, dan Selasa (29 – 31 Desember dan 1 Januari).

Liburan seru bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Awalnya aku sempat bingung menentukan destinasi liburan untuk menghabiskan akhir pekan. Sampai akhirnya aku menemukan sebuah pulau tak jauh dari Jakarta, bernama pulau Tidung. Selain lokasinya tidak begitu jauh, banyak paket ke pulau Tidung yang ditawarkan oleh agen-agen traveling. Jadi, langsung saja kuputuskan untuk berangkat!

Pulau Tidung merupakan salah satu bagian dari Kepulauan Seribu. Lokasinya kurang lebih 40 km dari ibukota Jakarta. Meskipun tak begitu jauh dari Jakarta, tapi pemandangan dan suasana yang aku dapatkan di pulau Tidung sangat berbeda. Di pulau ini, aku bisa menikmati waktu sambil bersantai dengan suasana pulau yang tenang.

Satu hal menarik yang ingin aku lihat di pulau Tidung adalah Jembatan Cinta. Jadi, pulau Tidung terbagi menjadi dua bagian pulau. Ada pulau Tidung Besar dan pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan pulau yang berpenghuni sedangkan pulau Tidung Kecil dibiarkan kosong. Jembatan Cinta adalah jembatan sepanjang 700 meter yang menghubungkan kedua pulau ini. 


Objek Wisata Seru di Pulau Tidung

Jembatan Cinta

Jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil ini merupakan ikon yang tidak boleh Anda lewatkan dalam paket wisata ke pulau ini. Jembatan sepanjang 800 meter ini memiliki sisi lengkung di bagian tengah yang menyerupai terowongan, sehingga perahu dan kapal dapat melintas di bawahnya.


Pulau Tidung Kecil


Setelah menyeberangi Jembatan Cinta, Anda akan tiba di sebuah pulau bernama Tidung Kecil. Di pulau tak berpenghuni ini, Anda bisa melihat berbagai jenis tanaman bakau yang dikembangbiakkan sebagai penyeimbang ekosistem di kawasan darat dan laut Pulau Tidung.


Pantai Saung Perawan


Pantai yang terletak di ujung barat Pulau Tidung ini memiliki pemandangan yang begitu memukau. Pantai ini dapat ditempuh dengan bersepeda santai selama 20 menit, atau berjalan kaki selama 40 menit. Posisinya yang cukup strategis juga memungkinkan Anda untuk menyaksikan matahari terbenam.


Taman Laut


Satu lagi paket wisata favorit para wisatawan di Pulau Tidung yaitu taman laut yang menawan. Banyaknya terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya serta beragam ikan cantik yang mengelilinginya menjadikan wisata bahari ini semakin banyak didatangi wisatawan dari berbagai belahan dunia.
  

Surganya Pecinta Laut

 

Pulau Tidung juga menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat bagiku karena aku suka dengan suasana pantai. Aku juga suka melakukan aktivitas di air dan menikmati pemandangan pantai maupun bawah laut. Di pulau Tidung ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan dan aku benar-benar menikmatinya.

Jadi, ketika melewati Jembatan Cinta, aku bisa melihat pemandangan terumbu karang dan ikan dengan beragam warna. Dari jembatan ini aku juga bisa langsung melompat ke laut. Tapi karena cukup tinggi, sekitar 7 meter maka aku memilih untuk tidak melompat. Mereka yang punya nyali biasanya akan langsung melompat dan melihat terumbu karang serta ikan-ikan kecil dari dekat.

Ada satu kegiatan yang aku sukai di pulau tidung yaitu snorkelling. Pantai di pulau Tidung memiliki ombak yang kecil dan dijamin aman untuk snorkelling. Karena dijamin aman, aku berani untuk mencoba snorkelling dan berinteraksi dengan ikan-ikan di laut. Jadwal snorkelling di Pulau Tidung dibuka mulai jam 7 sampai jam 8 pagi serta jam 1 sampai jam 2 siang. Biaya sewa alat snorkelling di pulau Tidung juga cukup murah tidak sampai Rp 50.000 sehari.

Penginapan di Pulau Tidung

 

Selama liburan di pulau Tidung aku menginap di homestay. Di sana ada banyak sekali rumah penduduk yang dijadikan homestay. Karena aku liburan dengan paket ke Pulau Tidung jadi biaya yang aku bayarkan sudah termasuk biaya menginap. Homestay yang aku tempati waktu itu dilengkapi fasilitas TV, AC, dan sudah ada kamar mandi dalam. 

Pokoknya begitu sampai di pulau Tidung, ada banyak sekali fasilitas homestay yang bisa ditemukan. Biaya menginap di pulau Tidung juga tergolong murah. Harga sewa homestay memang bervariasi tergantung fasilitas yang ditawarkan. Rentang harganya antara Rp 150.000- Rp 400.000 untuk satu malam.

Wisata Kuliner di Pulau Tidung




Liburan pasti tidak lengkap kalau belum wisata kuliner. Di pulau Tidung, ada banyak pilihan makanan yang enak. Sebagian besar memang olahan seafood tapi dijamin tidak akan membuat bosan. Ada banyak sekali pilihan seafood yang bisa didapatkan di pulau Tidung. Mulai dari ikan tuna, cumi, bawal, udang, dan masih banyak lagi lainnya.

Menurutku, pulau Tidung paling pas dikunjungi bersama sahabat. Menikmati suasana pulau ditambah pesta barbeque di malam hari memang paling pas dilakukan ramai-ramai bersama sahabat. Tapi, kalau mau liburan sendiri juga tidak masalah. Seperti aku, aku berangkat sendiri tapi aku bisa bertemu banyak orang yang ikut membeli paket ke Pulau Tidung jadi tetap punya banyak teman selama di sana.

1 komentar

Cantik banget nih pulau loh, pengen banget main kesini hehe


EmoticonEmoticon